Chat Box

Jumat, 05 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama sekolahan        : SMP MAJU TERUS 99
Mata Pelajaran                     : Geografi
Kelas Semester          : IX ( Sembilan) 2 (Dua)
Standar Kompetensi  : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar     : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang bentuk dan pola muka bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi :

-          Mendiskripsikan tentang peta
-          Mendiskripsikan bentuk dan pola muka bumi
Alokasi Waktu            : 1x15 menit
A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa Mampu :
-          Menginterpretasi  peta dan bentuk- bentuk muka bumi melalui citra satelit berdasarkan kesan warna, tekstur, struktur,rona, bentuk ukuran, pola,bayangan,situs, asosiasi.
-          Mendiskripsikan bentuk-bentuk muka bumi melalui citra satelit
-          Mendiskripsikan pola dan bentuk objek geografi sesuai bentang alam

B.  Materi Pembelajaran
-          Interpretasi peta
-          Geomorfologi

C.  Metode Pembelajaran
-          Diskusi
-          Demonstrasi








Strategi Pembelajaran      

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mengingat kembali tentang hal – hal yang di cantumkan dipeta dan , pola  serta bentuk muka bumi

 

·         Secara berkelompok mendiskusikan terkait hal-hal yang harus di cantumkan di peta

·         Secara berkelompok melakukan penandaan atau deliniasi berdasarkan kesan topografis pada citra satelit
·         Berdiskusi tentang pola dan bentuk objek geografi sesuai bentang alam berkaitan dengan pola iklim, pola aktivitas manusia, pola kehidupan flora dan fauna pola persebaran jenis tanah


Membuat poster sesuai dengan kelompok yang telah ditunjuk atau dipilih


D.  Langkah- Langkah Pembelajaran
1.   Pendahuluan : 4 menit
·         Memberi salam dan mengabsen
·         Member motivasi
·         Apersepsi materi
2.   Kegiatan Inti : alokasi waktu 8 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru: alokasi waktu 8 menit, Sedikit memberi  pengantar fenomena yang terjadi saat ini di muka bumi nilai yang ditanamkan: (Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
 Eaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru :
·         membagi menjadi 3 kelompok ( nilai yang di tanamkan , mandiri, dan dapat dipercaya) tentang:
·          kelompok 1, interpretasi peta, kelompok 2,deliniasi kesan topografis yang ada di citra satelit bentuk-bentuk muka bumi dan kelompok 3, objek geografi sesuai bentang alam berkaitan iklim, manusia, persebaran tanah, pola kehidupan flora dan fauna (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menampilkan hasil poster yang telah dibuar dan mempresentasikannya di depan kelas dilanjutkan sesi Tanya jawab . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
       Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: (Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.   Kegiatan Penutup: 3 menit
·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);














  1. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
·      Menjelaskan tentang Definisi dan interpretasi peta

·      Menjelaskan tentang bentuk dan pola muka bumi



·      Menjelaskan perbedaan budaya sesuai bentang alam





Tes lisan



 Tes tulis




Tes tulis




Daftar pertanyaan


Tes Uraian




Tes Uraian




·         Jelaskan unsur-unsur pada peta


·         Jelaskan dengan gambar penampang melintang pulau jawa


·   Jelaskan perbedaan pemukiman yang ada di pantai dan yang ada di pegunungan
  1. Kriteria Penilaian
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

G.  Sumber /Bahan /Ajar Belajar
·         Buku SMP KELAS IX
·         Proyekktor
·         Leptop
·         Karton dan pensil warna atau spidol




Komentar :

ada 0 komentar ke “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN”

Poskan Komentar

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by free Blogger template