Nama
sekolahan : SMP
MAJU TERUS 99
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas
Semester : IX
( Sembilan) 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : 5.
Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi
Dasar : 5.1.
Menginterpretasikan peta tentang bentuk dan pola muka bumi
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
-
Mendiskripsikan tentang peta
-
Mendiskripsikan bentuk dan pola muka bumi
Alokasi
Waktu : 1x15
menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa Mampu :
-
Menginterpretasi peta dan bentuk- bentuk muka bumi melalui citra
satelit berdasarkan kesan warna, tekstur, struktur,rona, bentuk ukuran,
pola,bayangan,situs, asosiasi.
-
Mendiskripsikan bentuk-bentuk muka bumi
melalui citra satelit
-
Mendiskripsikan pola dan bentuk objek
geografi sesuai bentang alam
B. Materi Pembelajaran
-
Interpretasi peta
-
Geomorfologi
C. Metode Pembelajaran
-
Diskusi
-
Demonstrasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mengingat kembali tentang hal – hal yang di
cantumkan dipeta dan , pola serta
bentuk muka bumi
|
·
Secara berkelompok mendiskusikan terkait hal-hal
yang harus di cantumkan di peta
·
Secara berkelompok melakukan
penandaan atau deliniasi berdasarkan kesan topografis pada citra satelit
·
Berdiskusi tentang pola
dan bentuk objek geografi sesuai bentang alam berkaitan dengan pola iklim,
pola aktivitas manusia, pola kehidupan flora dan fauna pola persebaran jenis
tanah
|
Membuat poster sesuai dengan kelompok yang telah
ditunjuk atau dipilih
|
D. Langkah- Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan
: 4 menit
·
Memberi
salam dan mengabsen
·
Member motivasi
·
Apersepsi
materi
2.
Kegiatan
Inti : alokasi waktu 8 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru: alokasi waktu 8 menit, Sedikit
memberi pengantar fenomena yang terjadi
saat ini di muka bumi nilai yang ditanamkan: (Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Eaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru :
·
membagi menjadi 3 kelompok (
nilai yang di tanamkan , mandiri, dan dapat dipercaya) tentang:
·
kelompok 1, interpretasi peta, kelompok 2,deliniasi
kesan topografis yang ada di citra satelit bentuk-bentuk muka bumi dan kelompok
3, objek geografi sesuai bentang alam berkaitan iklim, manusia, persebaran
tanah, pola kehidupan flora dan fauna (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menampilkan hasil poster yang telah dibuar
dan mempresentasikannya di depan kelas dilanjutkan sesi Tanya jawab . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: (Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras,
Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup: 3 menit
·
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas.
(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok
mempresentasikan makalahnya. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
·
Menjelaskan tentang Definisi dan interpretasi
peta
·
Menjelaskan tentang bentuk dan pola muka bumi
·
Menjelaskan perbedaan budaya sesuai bentang
alam
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tes
Uraian
|
·
Jelaskan
unsur-unsur pada peta
·
Jelaskan
dengan gambar penampang melintang pulau jawa
· Jelaskan perbedaan pemukiman yang ada di
pantai dan yang ada di pegunungan
|
- Kriteria Penilaian
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
G. Sumber /Bahan /Ajar Belajar
·
Buku
SMP KELAS IX
·
Proyekktor
·
Leptop
·
Karton
dan pensil warna atau spidol
Komentar :
Posting Komentar