RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Standar
Kompetensi : 1. Memahami Permasalahan
Sosoial Berkaitan dengan Pertumbuhan Jumlah
Penduduk.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendiskripsikan Kondisi
Fisik Wilayah dan Penduduk
Indikator
: Mengidentifikasi
Penyebab Terjadinya Perubahan Musim dan Menentukan Bulan Berlangsungnya
Musim Hujan dan Musim Kemarau
di wilayah Indonesia.
DISUSUN
OLEH :
JARWO
NUGROHO A610100039
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMMADIYAH SURAKARTA
TAHUN
2013
SURAT TUGAS LATIHAN / UJIAN PRAKTIK MENGAJAR
FKIP-UMS
1. a.
Nama dan NIM : JARWO
NUGROHO (A610100039)
b.
Jurusan/ Semester :
Pendidikan Geografi / VII
2. a.
Hari/ Tanggal Praktik : Sabtu, 31
Agustus 2013
b.
Di Serkolah/ Kelas : SMP N I
Kartasura/ VIII F
c.
Semester : 1
( Gasal )
d.
Jam Pelajaran Ke : 2 dan 3
e.
Waktu : 2
X 40 Menit (1 x Pertemuan)
f.
Mata Pelajaran :
Geografi
g. Standar Kompetensi : 1. Memahami Permasalahan Sosoial
Berkaitan Dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk.
h. Kompetensi Dasar : 1.1 Mendiskripsikan Kondisi
Fisik Wilayah dan Penduduk.
i. Indikator : Mengidentifikasi Penyebab Terjadinya
Perubahan Musim dan Menentukan Bulan Berlangsungnya Musim
Hujan dan Musim Kemarau di wilayah Indonesia.
Kartasura,
29 Agustus 2013
Guru
Pamong
Dwi
Ratna Sulistyari, S.Pd.M.Pd
NIP. 196211241983012002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMP N 1 Kartasura
Mata
Pelajaran : IPS Geografi
Kelas/
Semester : VIII F/ 1 (satu)
Pertemuan
ke :
Alokasi
waktu : 2 X 40 Menit (1 x
Pertemuan)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi
Dasar : Mendiskripsikan kondisi
fisik wilayah dan penduduk
Indikator : Mengidentifikasi penyebab
terjadinya perubahab musim dan menentukan bulan berlangsungnya
musim hujan dan musim kemarau
di wilyah Indonesia.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi
penyebab perubahan musim di Indonesia
2. Mendiskripsikan
tentang angin muson barat dan angin muson timur
3. Mengidentifikasi
berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia
4. Mendeskripsikan
penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
Kaitan letak
geografis dengan iklim dan waktu serta dampaknya terhadap kehidupan di
Indonesia.
C. Metode
Pengajaran
·
Ceramah Interaktif
·
Jigsaw
·
TGT ( Team Game
Turnament)
D. Langkah
langkah Pembelajaran
No
|
Tahapan
|
Rincian
(karakter)
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Memberi
salam dan mengabsen
·
Memberi motivasi
·
Apersepsi
materi review (Apakah garis lintang itu)?
(kerja keras, jujur, mandiri)
|
10Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
v Eksplorasi
dalam kegiatan ini guru sedikit mengulas tentang terjadinya perubahan musim
yang disebut angin muson barat dan muson timur ( Saling menghargai , jujur, tanggung jawab.)
v Elaborasi
kegiatan ini guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk
berdiskusi terkait penyebab terjadinya perubahan musim beserta dampaknya di
Indonesia (tanggung jawab,jujur,disiplin)
Masing-masing kelompok menunjuk salah satu dari
kelompoknya untuk menjadi tentor menjelaskan bergantian kepada kelompok
lainya (jujur, tanggung jawab)
Daiadakan kuis perwakilan masing-masing kelompok( tanggung jawab, disiplin)
v Konfirmasi guru menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum dimengerti (kerja, keras, jujur,
tanggung jawab)
|
60
Menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. (tegas, jujur, mengharagai)
-Meminta
peserta didik untuk membuat refleksi diri selama mengikuti pembelajaran( disiplin Tanggung jawab, jujur)
-Penugasan
secara kelompok (2) untuk membuat pola angin muson di Indonesia
(tanggung jawab, disiplin, jujur)
|
10
Menit
|
E.
Penilaan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
· Menjelaskan
tentang Definisi angin muson barat dan angin muson timur
· Menjelaskan
tentang pembagian musim di Indonesia
· Menjelaskan
pengaruh yang ditimbulakan karena perubahan musim
|
Tes
lisan
Tes tulis
Tes
tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tes
Uraian
|
·
Menjelaskan tentang angin muson barat
·
Menjelaskan tentang angin muson
timur
·
Menjelaskan pembagian musim di indonesia beserta gambarnya
· Dampak yang ditimbulakan karena
perubahan musim di indonesia
|
Soal
1.
Sebutkan letak astronomis Indonesia(10%)
2.
Jelaskan dan bulan terjadinya angin muson barat, (30%)
3.
Jelaskan dan bulan terjadinya angin muson timur
(30%)
4.
Apa dampak dari angin muson barat (15%)
5.
Apa dampak dari angin muson timur (15%)
Jawab
1.
6 LU-11LS dan 95 BT-141 BT
2.
Terjadi pada bulan 23 september sampai 21 maret posisi
lintang terletak pada 23,5 LS
intensitas penyinaran matahari lebih kepada Australia sehingga tekanan udara Australia
lebih tinggi dan Asia lebih rendah dan angin bertiup dari terkanan daerah yang
bertekanan tinggi ketekanan yang lebih rendah maka bertiup angin dari asia yang
membawa uap air lebih tinggi ke Australia.
3.
Terjadi pada bulan maret-september matahari tepat
diantara 23,5 LU intensitas penyinaran matahari di Asia lebih tinggi
dibandingkan Australia, tekanan udara di Asia rendah dan tekanana udara di
Australia lebih tinggi maka angin berhembus dari Australia menuju Asia yang
melewati sabana dan stepa angin tidak membawa uap air.
4.
Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim
penghujan
5.
Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim
kemarau
F.
Kriteria Penilaan
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif %
|
|
Memuaskan
|
4
|
>
80
|
Baik
|
3
|
68
– 79
|
Cukup
|
2
|
56
– 67
|
Kurang
|
1
|
<
55
|
G. Sumber
dan Media Pembelajaran
· Suparman Kuswanto, 2012, Ilmu Pengetahuan Sosial, Solo, Global
· Tim Abdi Guru,2007, Ilmu Pengetahuan
Sosial Terpadu, Jakarta, Erlangga
· Mari
Belajar IPS 2.
Muh. Nurdin, S.W. Warsito, Muh Nursa’ban. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan NasionalTahun
2009. Jakarta. ( BSE)
· Sudut Bumi Terpadu. Kurtubi. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan NasionalTahun
2009. Jakarta. ( BSE)
· Ilmu Pengetahuan Sosial.Sanusi Fattah.
Departemen Pendidikan NasionalTahun. 2008. Jakarta. ( BSE)
· Peta dan Atlas
· Laptop dan Proyektor
· Gambar – gambar yang relevan
· LKS
Kartasura,
31 Agustus 2013
Mengetahui
Guru Pamong Mahasiswa
(DWI RATNA S S.Pd.M.PD) (JARWO NUGROHO) NIP. 196211241983012002 NIM. A610100039