Chat Box

Rabu, 25 September 2013

RPP Kelas VIII F SMP N 1 Kartasura



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Standar Kompetensi   : 1. Memahami Permasalahan Sosoial Berkaitan dengan Pertumbuhan                                                          Jumlah Penduduk.
Kompetensi Dasar                      : 1.1 Mendiskripsikan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk
Indikator               : Mengidentifikasi Penyebab Terjadinya Perubahan Musim dan                                           Menentukan Bulan Berlangsungnya Musim Hujan dan Musim                                             Kemarau di wilayah Indonesia.



 














DISUSUN OLEH :
JARWO NUGROHO                       A610100039

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 UNIVERSITAS MUHAMMMADIYAH SURAKARTA
TAHUN 2013


 
 

                   SURAT TUGAS LATIHAN / UJIAN PRAKTIK MENGAJAR
              FKIP-UMS
                

1.      a. Nama dan NIM                   : JARWO NUGROHO (A610100039)
b. Jurusan/ Semester                : Pendidikan Geografi / VII

2.      a. Hari/ Tanggal Praktik          : Sabtu, 31 Agustus 2013
b. Di Serkolah/ Kelas              : SMP N I Kartasura/ VIII F
c. Semester                              : 1 ( Gasal )
d. Jam Pelajaran Ke                : 2 dan 3
e. Waktu                                  : 2 X 40 Menit (1 x Pertemuan)
f. Mata Pelajaran                     : Geografi
g. Standar Kompetensi           : 1. Memahami Permasalahan Sosoial Berkaitan Dengan                                              Pertumbuhan Jumlah Penduduk.
h. Kompetensi Dasar               : 1.1 Mendiskripsikan Kondisi Fisik Wilayah dan                                                         Penduduk.
i. Indikator                              : Mengidentifikasi Penyebab Terjadinya Perubahan                                                      Musim dan    Menentukan Bulan Berlangsungnya                                                                 Musim Hujan dan Musim Kemarau di wilayah                                                                         Indonesia.

                                                                                    Kartasura, 29 Agustus 2013
                                                                                                Guru Pamong

                                                                                    Dwi Ratna Sulistyari, S.Pd.M.Pd
                                                                                      NIP. 196211241983012002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMP N 1 Kartasura
Mata Pelajaran            : IPS Geografi
Kelas/ Semester           : VIII F/ 1 (satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             : 2 X 40 Menit (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan                                                                           pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar       : Mendiskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator                     : Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahab musim dan                                  menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilyah Indonesia.
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi penyebab perubahan musim di Indonesia
2.      Mendiskripsikan tentang angin muson barat dan angin muson timur
3.      Mengidentifikasi berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia
4.      Mendeskripsikan penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
B.     Materi Pembelajaran
Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu serta dampaknya terhadap kehidupan di Indonesia.
C.     Metode Pengajaran
·         Ceramah Interaktif
·         Jigsaw
·         TGT ( Team Game Turnament)





D.    Langkah langkah Pembelajaran

No
Tahapan
Rincian (karakter)
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
·                     Memberi salam dan mengabsen
·                     Memberi motivasi
·                     Apersepsi materi review (Apakah garis lintang itu)?
(kerja keras, jujur, mandiri)

10Menit
2
Kegiatan Inti
v  Eksplorasi dalam kegiatan ini guru sedikit mengulas tentang terjadinya perubahan musim yang disebut angin muson barat dan muson timur ( Saling menghargai , jujur, tanggung jawab.)
v  Elaborasi kegiatan ini guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi terkait penyebab terjadinya perubahan musim beserta dampaknya di Indonesia (tanggung jawab,jujur,disiplin)
Masing-masing kelompok menunjuk salah satu dari kelompoknya untuk menjadi tentor menjelaskan bergantian kepada kelompok lainya (jujur, tanggung jawab)
Daiadakan kuis perwakilan masing-masing kelompok( tanggung jawab, disiplin)
v  Konfirmasi  guru menyimpulkan tentang hal-hal yang belum dimengerti (kerja, keras, jujur, tanggung jawab)








60 Menit
3
Penutup
-Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. (tegas, jujur, mengharagai)
-Meminta peserta didik untuk membuat refleksi diri selama mengikuti pembelajaran( disiplin Tanggung jawab, jujur)
-Penugasan secara kelompok (2) untuk membuat pola angin muson di Indonesia
(tanggung jawab, disiplin, jujur)


10 Menit












E.     Penilaan


Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
·      Menjelaskan tentang Definisi angin muson barat dan angin muson timur
·      Menjelaskan tentang  pembagian musim di Indonesia


·      Menjelaskan pengaruh yang ditimbulakan karena perubahan musim




Tes lisan



 Tes tulis




Tes tulis




Daftar pertanyaan


Tes Uraian




Tes Uraian




·   Menjelaskan tentang angin muson barat
·   Menjelaskan tentang  angin muson timur

·      Menjelaskan pembagian musim di indonesia beserta gambarnya

·   Dampak yang ditimbulakan karena perubahan musim di indonesia

Soal
1.      Sebutkan letak astronomis Indonesia(10%)
2.      Jelaskan dan bulan terjadinya  angin muson barat, (30%)
3.      Jelaskan dan bulan terjadinya angin muson timur (30%)
4.      Apa dampak dari angin muson barat (15%)
5.      Apa dampak dari angin muson timur (15%)

Jawab
1.      6 LU-11LS dan 95 BT-141 BT
2.      Terjadi pada bulan 23 september sampai 21 maret posisi lintang terletak pada     23,5 LS intensitas penyinaran matahari lebih kepada Australia sehingga tekanan udara Australia lebih tinggi dan Asia lebih rendah dan angin bertiup dari terkanan daerah yang bertekanan tinggi ketekanan yang lebih rendah maka bertiup angin dari asia yang membawa uap air lebih tinggi ke Australia.
3.      Terjadi pada bulan maret-september matahari tepat diantara 23,5 LU intensitas penyinaran matahari di Asia lebih tinggi dibandingkan Australia, tekanan udara di Asia rendah dan tekanana udara di Australia lebih tinggi maka angin berhembus dari Australia menuju Asia yang melewati sabana dan stepa angin tidak membawa uap air.
4.      Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim penghujan
5.      Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim kemarau

F.      Kriteria Penilaan

Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif %
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55











G.    Sumber dan Media Pembelajaran
·      Suparman Kuswanto, 2012,  Ilmu Pengetahuan Sosial, Solo, Global
·      Tim Abdi Guru,2007, Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu, Jakarta, Erlangga
·      Mari Belajar IPS 2. Muh. Nurdin, S.W. Warsito, Muh Nursa’ban. Pusat  Perbukuan Departemen Pendidikan NasionalTahun 2009. Jakarta. ( BSE)
·      Sudut Bumi Terpadu. Kurtubi. Pusat  Perbukuan Departemen Pendidikan NasionalTahun 2009. Jakarta. ( BSE)
·      Ilmu Pengetahuan Sosial.Sanusi Fattah. Departemen Pendidikan NasionalTahun. 2008. Jakarta. ( BSE)
·      Peta dan Atlas
·      Laptop dan Proyektor
·      Gambar – gambar yang relevan
·      LKS


                                                                                    Kartasura, 31 Agustus 2013
Mengetahui
       Guru Pamong                                                                               Mahasiswa



  (DWI RATNA S S.Pd.M.PD)                                          (JARWO NUGROHO)                               NIP. 196211241983012002                                                       NIM. A610100039



 

[ Baca Selengkapnya... ]
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by free Blogger template